Bisnis Barang Bekas yang Menyilaukan

Bisnis tidak melulu harus memproduksi barang dengan bahan baku yang bagus dan baru. Bisa juga dari bahan-bahan bekas, bahkan sampah. Misalnya plastik, botol, kain perca, plastik pembungkus detergen dan minuman instan, atau koleksi CD (compact disk) yang sudah tidak terpakai bisa kita kreasikan menjadi barang baru yang mempunyai nilai jual tinggi. Perlu sedikit kreativitas untuk membuatnya, selain mengurangi sampah juga menjadi lahan bisnis yang menggiurkan.

Sekarang ini, banyak pengusaha rumahan yang memproduksi barang-barang dari sampah menjadi benda unik dan laku di pasaran, peminatnya dari dalam negeri maupun luar negeri. Berikut, beberapa contoh barang bekas yang  bisa didaur ulang menjadi barang yang bermanfaat, dan lahan bisnis yang mendatangkan banyak rupiah:

  1. Kain Perca

Potongan-potongan kain tekstil yang dijahit sambung-menyambung atau tehnik patchwork, dengan desain yang unik sehingga menghasilkan barang baru yang bisa dipakai. Produk yang dihasilkan bisa berupa sajadah, selimut, bedcover, sarung bantal kursi, taplak meja, bahkan pakaian wanita atau anak-anak. Untuk menciptakan desain yang unik, tentu saja Anda harus rajin bereksperimen, sehingga bisa mengetahui produk-produk yang disukai dan laku di pasaran. Untuk mencari ide,  bisa mencarinya di internet, tabloid atau majalah. Dengan metode ATM (Amati, Tiru dan Modifikasi), Anda berpeluang menjadi pengusaha sukses dengan memproduksi barang-barang unik dari kain sisa-sisa tersebut.

 

  1. Botol Bekas

Punya banyak botol bekas sirup atau air mineral yang menumpuk di rumah? Jangan dulu dibuang. Botol-botol tersebut sangat bisa digunakan lagi dan menghasilkan rupiah, tentunya bukan dikilo ke tukang barang bekas ya, tetapi disulap menjadi barang yang cantik dan unik. Hiaslah botol-botol tersebut dengan menggunakan bahan tambahan cat, renda, pita, kancing-kancing baju, daun-daun kering, kain-kain sisa, dan benda-benda lain dengan kreasi yang unik. Carilah ide dengan rajin berselancar di dunia maya untuk melihat contoh benda-benda unik tersebut. Cara membuatnya juga mudah, biaya murah tapi bisa mendulang kembali rupiah. Asyik, bukan?

 

  1. CD Bekas

Koleksi CD (compact disk) yang sudah tak terpakai karena rusak biasanya sering kita simpan. Dimaklumi zaman sekarang yang sudah semakin canggih ini, CD sudah jarang digunakan. Untuk menonton film layar lebar yang disukai biasanya kita mengoleksi dengan CD, sekarang ini tak perlu lagi membeli karena di TV-TV kabel sudah bertebaran film-film tersebut. Koleksi CD akhirnya nganggur hingga rusak. Jangan dulu dibuang, daur ulang saja barang bekas tersebut menjadi benda yang menarik dan multiguna. Jika anda termasuk orang yang selalu update dengan fesyen atau dekorasi rumah, CD bekas banyak digunakan untuk asesories dan dekorasi rumah. Ide dan cara membuatnya bisa dilihat di internet. Daur ulang barang bekas tersebut sekarang dikenal dengan DIY (Do It Yourself), jika belum tahu silakan berselancar dengan bantuan Google.

 

  1. Kardus Susu

Susu merupakan minuman wajib yang hampir di setiap rumah selalu ada. Baik yang mempunyai balita ataupun tidak. Kardus susu, baik susu cair maupun susu serbuk bisa kita gunakan lagi menjadi barang-barang unik yang bisa digunakan sehari-hari. Bahkan, sekarang ini ada beberapa indutri rumahan yang memproduksi barang-barang sederhana berbahan baku kardus ini hingga menjadi komiditi ekspor.

 

Nah, ternyata barang bekas itu tidak selamanya menjadi sampah yang tak berguna , ya.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *