Sifat-sifat Penjual yang Disukai Pembeli

Menjadi seorang pebisnis tidak lepas dari menjual produk dari bisnis yang kita geluti. Banyak para pebisnis yang gagal dalam mengembangkan usahanya karena tidak dapat mengatasi kendala-kendala yang dihadapi. Kendala atau hambatan tersebut bisa karena faktor internal maupun eksternal.

Salah satu penghambat perkembangan bisnis adalah faktor internal yang datang dari diri sendiri. Sebagai seorang pebisnis dan penjual, kita harus memahami karakter atau sifat diri kita sendiri. Hal tersebut penting untuk diketahui, agar saat menghadapi calon konsumen kita bisa dengan mudah memikat mereka agar menjadi pelanggan setia.

Para pembeli sangat menyukai para penjual yang tidak hanya memikirkan keuntungan pribadi saja, melainkan juga harus memperhatikan hal-hal yang dibutuhkan dan disukai calon konsumen. Berikut adalah beberapa sifat penjual yang disukai para pembeli yang akhirnya mereka dengan sukarela menjadi pelanggan setia toko kita, baik secara offline maupun online:

  1. Periang

Jika kita tidak memiliki sifat periang, cobalah mulai sekarang melatih diri untuk selalu riang gembira. Caranya yaitu, dengan selalu berpikir positif, selalu optimis, banyak senyum, sehingga saat menghadapi calon konsumen hati dan pikiran selalu gembira dan akan tercermin keramahan kita dalam melayani calon konsumen. Menghadapi berbagai karakter pembeli sangat menguji kesabaran, jika sudah terlatih selalu riang gembira, menghadapi karakter konsumen yang merepotkan pun tak akan menjadi beban berat.

  1. Jujur

Selalu berusaha jujur pada diri sendiri, orang lain dan tujuan yang akan dicapai. Kejujuran akan membawa berkah dalam setiap langkah usaha kita. Kadang jujur itu memang menyulitkan jika orientasi kita hanya mengejar keuntungan semata. Yang terpenting dalam berbisnis adalah bukan uang yang mengalir deras ke kantong kita, akan tetapi luasnya relasi jauh lebih utama dalam membantu membesarkan usaha kita.

  1. Sopan Santun

Layani calon konsumen dengan tutur kata dan sikap yang santun. Posisikan diri kita saat menjadi pembeli. Bayangkan apa yang dirasakan jika bertemu dengan penjual yang bicaranya kasar dan menyebalkan. Kesantunan dalam bersikap dan berbicara walaupun di dunia maya sangat terlihat saat kita berinteraksi dalam melayani calon pembeli. Gunakan simbol-simbol keramahan saat kita berdialog dengan mereka. Kelihatannya sepele akan tetapi berdampak besar pada proses penjualan, jika kita terbiasa sopan dan ramah pada calon pembeli. Kadang calon pembeli yang merasa kurang butuh dengan produk yang ditawarkan akhirnya mereka mau membeli karena respek terhadap kesopanan dan keramahan penjualnya.

  1. Ketajaman Daya Ingat

Usahakan selalu ingat nama dan profil pembeli. Jika kita sebagai penjual ingat dengan mereka, para pembeli akan merasa sangat dihargai. Begitu pula untuk mengingat berbagai macam produk yang kita tawarkan lengkap dengan deskripsinya. Mengetahui dan memahami deskripsi berbagai produk yang kita jual secara tidak langsung memperlihatkan pada calon konsumen bahwa kita adalah pebisnis yang dapat dipercaya dan diandalkan.

  1. Inovatif

Dalam memikat hati calon konsumen hendaknya para pebisnis harus rajin meng-upgrade diri agar pengetahuan dan wawasan makin bertambah. Sehingga inovasi-inovasi untuk mengembangkan bisnis dapat dilakukan seiring perkembangan zaman.

 

Masih banyak lagi sifat-sifat penjual untuk memikat konsumen yang harus diketahui oleh para pebisnis dan penjual, lima poin di atas hanyalah sebagian kecil dari sifat-sifat yang disukai para pembeli baik secara offline maupun online.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *