Keunggulan Menggunakan Listrik Pintar untuk Rumah Tangga

Penggunaan listrik memang sudah menjadi kebutuhan pokok dari berbagai sektor kehidupan, terutama rumah tangga. Tanpa adanya listrik, aktivitas kita pun akan terhambat. Jaman sudah semakin berkembang, PLN pun mulai mensosialisasikan sistem listrik prabayar yang biasa disebut dengan listrik pintar. Inovasi ini diklaim PLN sebagai cara baru memakai listrik dengan bijak.

Sistem listrik prabayar ini sudah berjalan selama beberapa tahun terakhir. Penjelasan sederhana dari sistem listrik prabayar ini adalah pelanggan membeli pulsa dengan menyerahkan nomor meteran. Setelah itu, pelanggan akan mendapatkan nomor token (pulsa) dalam nominal tertentu kemudian nomor tersebut di-input pada meteran prabayar.

Layanan listrik prabayar ini sudah menyebar luas di Indonesia, terutama di wilayah Jawa, Bali, Sumatera dan Indonesia bagian timur. Meski demikian masih banyak orang yang belum mengetahui keunggulan menggunakan listrik prabayar.

Keunggulan Menggunakan Listrik Pintar untuk Rumah Tangga

Instalasi lebih cepat

Pemasangan atau instalasi listrik prabayar tidak membutuhkan waktu lama. Anda hanya tinggal datang ke kantor PLN terdekat di wilayah Anda untuk mendaftar, maka petugas lapangan akan melakukan kunjungan atau survei ke rumah Anda. Setelah itu, akan dimulai pemasangannya. Pelayanannya cepat dan baik. Biaya instalasinya pun lebih murah.

Bebas mengatur keuangan untuk membeli pulsa

Dengan adanya listrik pintar, pelanggan jadi lebih leluasa menentukan anggaran untuk membeli pulsa. Anda jadi bisa secara berkala mengatur pembelian listrik sesuai kebutuhan. Misalkan tiap bulan Anda bisa menganggarkan uang senilai Rp 100.000 untuk membeli pulsa.

Hemat waktu

Pendaftaran, layanan, keluhan, kritik dan sebagainya dapat diajukan melalui online. Hal ini tentu berarti lebih hemat waktu. Selain itu, pembelian pulsa atau token listrik prabayar juga tidak perlu ke kantor atau loket PLN, Anda bisa ke minimarket konvensional, agen, ATM hingga membeli di situs jual beli online.

Lebih privat

Dikatakan lebih privat karena tidak akan ada petugas lapangan yang mendatangi rumah kita untuk melakukan pengecekan atau pemeriksaan dan pencatatan pemakaian listrik. Jika kebetulan pagar rumah terkunci karena tidak ada orang di rumah, petugas bisa saja asal ‘menembak’ jumlah pemakaian listrik sehingga hasilnya justru tagihan listrik kita yang membengkak.

Tidak ada beban bulanan

Poin ini yang membuat listrik pintar semakin diminati, tidak ada biaya bulanan. Jika kita menggunakan listrik pascabayar maka kita akan dibebani dengan biaya pemakaian listrik ditambah dengan biaya beban. Beban bulanan tersebut juga lebih sering naik daripada turun.

Ada sistem pengingat

Listrik tidak semata-mata akan padam saat pulsanya habis. Sebelumnya, kita akan diingatkan dengan bunyi yang keluar dari meteran. Suara tersebut bisa jadi pengingat kita untuk segera membeli pulsa listrik. Sedangkan jika kita memakai listrik pascabayar, kita harus segera membayar sebelum tanggal 20. Jika sampai lupa tanggal, kita akan dikenai denda.

Terhindar dari suap atau pungli

Dengan adanya pendaftaran listrik pintar melalui sistem online, maka secara otomatis akan memutus mata rantai calo, suap dan pungli. Petugas PLN pun jadi lebih mudah pekerjaannya. PLN pun jadi lebih bisa dipandang oleh masyarakat sebagai salah satu instansi negeri yang terpercaya.

Lebih terkontrol

Penggunaan listrik prabayar ini memungkinkan kita untuk lebih bijaksana dalam mengontrol pemakaian listrik. Hal ini dikarenakan, listrik akan secara otomatis padam saat pulsanya habis dan itu bisa terjadi sewaktu-waktu, sehingga mendorong kita untuk lebih irit pemakaian. Agar lebih hemat, gunakan Alat Penghemat Listrik Power Plus yang bisa Anda beli di tokoview.com.

Incoming search terms:

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *